29 May 2014

Cara Berternak Atau Menangkar Burung Murai Batu

Sobat KICAU MANIA dimana pun berada dikesempatan kali ini Admin ingin membagi beberapa pengalaman kepada Anda semua dalam CARA BETERNAK ATAU MENANGKAR BURUNG MURAI BATU.

tangkar-mb1.jpg
Semakin menurunnya jumlah populasi jenis burung murai batu ini mungkin menjadi alasan para pembisnis membuka peluang usaha penangkaran Murai Batu.
Namun didalam menjalankan usaha ini para penangkar harus mengetahui beberapa aspek yang harus dipahami. Karna dalam penangkaran mempunyai banyak sekali kendalanya mungkin itu burung tidak mau bertelur,telur kosong,burung stres dan masih banyak lagi.


HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MENANGKAR BURUNG MB :

1. INDUKAN YANG BERKWALITAS.
Yang paling utama dalam menangkar yaitu cara memilih indukan.
Untuk indukan Jantan pilihlah pejantan yang berkwalitas yaitu mempunyai suara keras,tidak cacat fisik mau pun mental,pejantan harus berumur minimal 2 tahun,dan juga tidak giras ( jinak ),postur body yang ideal.
Untuk indukan betina pilih juga yang berkwalitas karna inti juga dalam turunan yang bagus. Pilih indukan betina yang mempunyai suara yang bagus dan keras,tidak cacat fisik mau pun mentas,body baik,jinak dan juga harus berumur minimal 1 tahun.

2. LOKASI PENANGKARAN.
Untuk lokasi penangkaran pilih lokasi yang tidak bising dari berbagai macam suara seperti mesin,gaduh,dll.

3. KANDANG PENANGKAR
Yang perlu diperhatikan yang utama juga dalam menyediakan kandang penangkar . Untuk ukuran bisa kita sesuaikan dengan keadaan lokasi tidak perlu besar. Yang jelas kandang harus nyaman dan juga sinar matahari dapat masuk.

4. TEMPAT MAKAN , MINUM DAN MANDI SERTA TEMPAT BERSARANG BURUNG.
Tempat makan dan minum selalu stanby disediakan guna memberikan makan burung dengan ukuran 10cm x 10cm dan untuk minum bisa kita beli dtoko burung yg ukuran agak besar.
Tempat sarang kita harus menyediakan tidak hanya 1 beri 3-4 tempat sangkar agar burung dapat memilih sendiri. Ukuran tempat sarangnya 20 cm x 20 cm.
Tempat mandi berikan yang tempat yang luas juga bisa juga bak mandi pada keramba burung.

Demikian sedikit sekilas hal hal yang harus diperhatikan dalam menangkar burung murai batu. Semoga apa yang Admin tulis ini bisa bermanfaat.


0 comments

Post a Comment