6 June 2014

Cara Merawat Burung Kenari Supaya Cepat Gacor

Kali ini saya akan membahas tentang cara merawat burung kenari agar cepat bunyi gacor.
Burung Kenari merupakan burung pemakan biji-bijian, buah dan sayur yang memiliki kicauan sangat merdu dan menghibur. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seperti vitamin dan mineral burung kenari harus diberikan makanan yang sehat, sayur segar dan buah segar.
Selain itu, untuk menunjang kebutuhan proteinnya yang tinggi burung kenari juga harus diberi Telur Puyuh rebus agar burung lebih sehat dan cepat berbunyi gacor.



Untuk pecinta burung kenari pemula berikut ini saya ingin berbagi Rahasianya. Simak dan bacalah dengan saksama yapz.




  • Setiap pagi burung kenari dikeluarkan sekitar pukul 6 bila cuaca tidak mendung dan tidak hujan, karena burung kenari rentan sakit bila cuaca hujan dan angin kencang. Bila cuaca cerah dan tidak angin maka segeralah burung kenari dikeluarkan agar mendapatkan sinar matahari pagi yang baik untuk kesehatan burung, juga pemiliknya.
  • Sangkar sebaiknya dibersihkan setiap hari dari kotoran maupun sisa makanan, kenari seed di tambah atau diganti yang baru, Air minum berikan air mineral atau air matang (rebusan) dan setiap hari diganti.
  • Setiap pagi sebelum dijemur burung diberi Sayuran segar seperti sawi putih, selada, mentimun.
  • Seminggu dua kali burung kenari diberi Apel merah yang dibuang bijinya.
  • Setiap hari burung kenari diberi rebusan telur puyuh yang dibelah, berikan separo saja untuk 1 ekor burung kenari. 
  • Untuk memaksimalkan agar burung cepat gacor, burung kenari ada baiknya juga diberikan Cede Kenari yang banyak dijual di tempat penjual pakan burung yang mana bahan dari Cede kenari itu adalah kuning telur, ekstrak apel, niger seed dan bahan lain yang baik untuk kenari.
  • Memandikan burung kenari tergantung kebiasaan, jika anda biasakan dimandikan maka mandikanlah secara rutin, namun bila anda tidak memiliki waktu untuk memandikan maka cukuplah air minum dengan wadah besar di isi air yang penuh agar burung bisa mandi sendiri.
  • Yang terpenting agar burung senantiasa selalu sehat adalah sangkar setiap hari dibersihkan, demikian pula tenggerannya, kemudian pemberian pakan yang cukup - baik sayur, kenari seed maupun telur puyuh.
  • Penjemuran juga sangat diperlukan agar burung lebih rajin berkicau, durasi penjemuran cukup 2-3 jam, jangan lebih dari jam 10 pagi.
  • Di malam hari sebaiknya burung kenari di kerodong dan dimasteri dengan suara masteran kenari ataupun masteran burung laen yg sudah gacor..
 Kesabaran dan rutinitas yang disiplin akan membuat burung kenari lebih cepat berkicau, menurut pengalaman saya burung kenari yang dirawat dengan baik, di usia 5-6 bulan telah berkicau dengan baik, lantang dan gacor meskipun terkadang ada nada-nada yang masih sumbang. Sedangkan usia yang sudah matang dan burung benar-benar telah gacor adalah usia diatas 8 bulan.

Rahasia merawat burung kenari cepat gacor adalah terletak pada pemberian pakan yang cukup baik, kebersihan kandang dan penjemuran yang cukup. Semoga tulisan singkat dari saya ini bermanfaat untuk rekan-rekan yang sedang memelihara burung kenari bakalan.

Salam Kicau Mania,,!!!

0 comments

Post a Comment